Kurangi resiko stroke dengan makan ikan 3 kali seminggu.

Bila ingin jauh dari risiko stroke, maka rajin-rajinlah makan ikan. Orang yang makan ikan 2 hingga 3 kali seminggu memiliki risiko stroke yang rendah ketimbang yang jarang atau tidak makan ikan sama sekali.

Hal ini berdasarkan kesimpulan dari analisis 15 studi yang dilakukan pada 400.000 orang usia 30-103 tahun dan diikuti 4 hingga 30 tahun kemudian untuk melihat apakah ada partisipan yang menderita stroke.

“Saya pikir secara keseluruhan, ikan menyediakan paket nutrisi yang menguntungkan, khususnya omega-3 yang bisa menjelaskan mengapa bisa menurunkan risiko stroke,” jelas Dr Dariush Mozaffarian, ahli epidemiologi dari Harvard School of Public Health, seperti dilansir Health24, Senin (27/9/2011).

Menurut Dr Mozaffarian, banyak bukti yang menunjukkan bahwa 2 atau 3 porsi ikan setiap minggu cukup untuk mendapatkan khasiat menurunkan risiko stroke hingga 6 persen.

Data untuk analisis berasal dari hampir 400.000 orang usia 30-103. Penelitian itu dilakukan di AS, Eropa, Jepang dan Cina. Selama mana saja dari beberapa tahun untuk beberapa dekade, sekitar 9.400 orang mengalami stroke. Makan tiga porsi ikan ekstra setiap minggu dikaitkan dengan penurunan 6 persen dalam risiko stroke, yang diterjemahkan menjadi satu stroke lebih sedikit di antara seratus orang makan ikan ekstra selama seumur hidup.

“Asam lemak omega-3 dalam ikan dapat menurunkan risiko stroke melalui efek positif pada tekanan darah dan kolesterol. Vitamin D , selenium dan jenis protein tertentu dalam ikan juga bisa menurunkan risiko stroke,” jelas Dr Susanna Larsson dan Dr Nicola Orsini dari Karolinska Institutet di Stockholm.

Studi tersebut dilakukan di AS, Eropa, Jepang dan China. Di negara manapun dari beberapa tahun untuk beberapa dekade, sekitar 9.400 orang mengalami stroke. Makan tiga porsi ikan ekstra setiap minggu dikaitkan dengan penurunan 6 persen dalam risiko stroke.

Dan orang yang makan ikan paling banyak (lebih dari 3 kali seminggu) bisa menurunkan risiko stroke hingga 12 persen dibandingkan dengan orang yang makan ikan lebih sedikit.

Peneliti juga menggunakan berbagai ikan untuk meneliti apakah semua ikan bisa bermanfaat dan menemukan bahwa ikan yang digoreng dan sandwich ikan tidak termasuk bisa menurunkan risiko stroke. Manfaat ikan akan menjadi hilang ketika diolah dengan cara digoreng.

Ikan berlemak seperti salmon dan herring sangat tinggi kandungan omega-3. American Heart Association merekomendasi paling tidak 2 porsi ikan berlemak setiap minggu telah dapat menjauhkan orang dari risiko stroke.

http://www.detikhealth.com/read/2011/09/27/140328/1731370/766/makan-ikan-3-kali-seminggu-bisa-kurangi-risiko-stroke?l991101755

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: